5 Cara Mudah Siapkan Bekal Sehat untuk Anak

Membawa bekal ke sekolah bisa jadi salah satu pilihan agar anak tak jajan sembarangan. Pemilihan bahan makanan dan perpaduan lauk bisa jadi hal yang perlu diperhatikan.

Jajanan di sekolah seringkali ditemukan bahan-bahan yang membahayakan bagi kesehatan. Mulai dari pewarna makanan hingga proses pembuatan yang tidak higienis.

Untuk itu, Anda harus membekali anak-anak dengan makanan. Tidak hanya sehat, tapi tampilan dan rasanya juga harus enak. Berikut ini beberapa tips mudah untuk siapkan bekal makanan yang bergizi bagi si kecil.

1. Aneka warna
Dalam satu kali sajian, jangan memberikan warna makanan hanya satu jenis saja, terutama sayuran. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, aneka sayuran juga dapat menjaga sistem imunitas dan cegah sembelit. Sayuran dalam makanan anak bisa diolah menjadi salad, dicampur menjadi nuget atau cincangan sayuran yang dimasak dengan campuran tepung gurih.

2. Jenis karbohidrat
Selain nasi, ada banyak karbohidrat yang bisa Anda berikan pada anak. Mulai dari kentang, mie, singkong dan juga umbi-umbian. Jika si kecil bosan dengan nasi, Anda bisa menggantinya dengan pilihan bekal lainnya.

Misalnya saja kentang bisa Anda olah menjadi sajian mashed potato, kentang goreng ataupun perkedel yang lembut gurih.

3. Gizi seimbang
Tidak hanya sayur, di dalam bekal anak juga harus terkandung beberapa makanan lain yang bergizi. Mulai dari protein hewani seperti ikan, tempe, ayam dan juga daging sapi.

Hal terpenting yang harus di perhatikan adalah harus ada karbohidrat, protein, lemak dan juga vitamin serta mineral.

4. Berikan alternatif
Anak-anak cenderung bosan untuk makan jika bekal yang Anda berikan selalu sama. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah rasa makanan yang tidak enak dan juga faktor ketidaknyamanan tubuh (sembelit ataupun mual).

Jika hal ini terjadi, Anda bisa memberikan alternatif makanan. Jika ingin memberikan buah, bisa dalam bentuk agar-agar. Sedangkan jika anak menyukai mie, Anda juga bisa mengolahnya dengan campuran makanan yang lebih sehat dengan gizi seimbang. 

5. Wadah yang Cantik
Selain dengan rasa dan berbagai macam masakan yang berselera. Cobalah untuk membawa bekal anak dengan wadah yang cantik dan unik dari Tupperware. Untuk informasi produk tupperware yang cantik, unik dan murah bisa anda kunjungi Matrixshop.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar